Selasa, 23 Juni 2015

Potensi Modern Market Channel

Banyak perusahaan yang menganggap bahwa channel Modern Market (Toko Modern/Modern Trade/MT) merupakan channel yang biasa-biasa saja, dengan kontribusi penjualan yang masih rendah dibandingkan dengan channel General Trade (Toko Tradisional/GT), rumitnya aturan dan ditambah lagi dengan banyaknya biaya tambahan yang harus dikeluarkan, maka kerapkali top management menganggap bahwa channel ini tidak perlu diperhatikan secara khusus. Hanya sedikit perusahaan yang memberikan perhatian khusus terhadap channel ini.

Namun sebenarnya channel ini memiliki potensi yang cukup baik. Meskipun market share yang relatif masih kecil, namun dari berbagai riset dikatahui bahwa share Modern Market masih terus bertambah seiring dengan penambahan toko yang terus berlangsung setiap bulannya.

Modern market dengan segala kelemahannya yang dirasakan oleh perusahaan pemasok (supplier), sebenarnya juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki GT diantaranya: 
- Dengan berbagai alasan, kepercayaan masyarakat yang kian tinggi terhadap Modern Market,
- Traffic konsumen cukup tinggi, bahkan bagi sebagian masyarakat Modern Market juga menjadi tempat berekreasi bagi keluarga,
- Merupakan showcase bagi produk-produk perusahaan supplier, sehingga Modern Market dapat menjadi sarana untuk mengiklankan produknya, baik melalui Display, Mailer/Katalog maupun dengan melakukan branding di toko.

Demikian apabila Modern Market Channel di-manage dengan tepat, maka channel ini seharusnya dapat mendukung pencapaian penjualan perusahaan secara signifikan.

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasi nya..
    Mohon saran bagaimana me-manage modern market yang tidak care dgn product kita (suplier). Sedangkan kita suplier (UKM) masih belum mampu memberikan SPG untuk membantu selling/display product kita..
    Sedangkan kita suplier sudah terikat trading term dan listing fee yang cukup besar untuk kami..
    Mohon saran lebih lanjut..

    BalasHapus